14 Negara tanpa Social Media

Hari ini gossipnya sih Facebook bakal diblokir dan ditenggelamkan untuk wilayah Indonesia. Ini menyusul kasus bocornya data pengguna Facebook ke sejumlah pihak. Padahal jejaring sosial ini merupakan media sosial terfavorit yang sudah diakses jutaan penduduk Indonesia dari berbagai strata.



Selain data yang bocor (mungkin lupa dipakein pembalut kali ya?😅) maraknya ujaran kebencian dan berita hoax yang gencar berseliweran juga dianggap pemicu rencana tindakan pemblokiran dari pemerintah. 

Tapi, faktanya Facebook masih bisa
diakses hingga detik ini. Kalau pun iya, Indonesia patut diajungi jempol karena berani mengekor negara-negara pendahulunya yang sejak lama sudah melarang atau membatasi penggunaan Facebook bagi rakyatnya.

Sependek pengetahuan saya, setidaknya ada 14 negara yang telah membatasi bahkan memblokir Facebook dan medsos  semacam Twitter, WA, Line, Tumbler, We Chat, Youtube dll. 

14 negara itu antara lain Rusia, Turki, Tiongkok, Vietnam, Bangladesh, Pakistan, Tajikistan, Arab Saudi, Iran, Korea Utara, Kongo, Chad, Uganda dan  Mesir. Pemblokiran juga bervariasi. Ada yang hampir total, ada pula hanya sebagian.

Seperti di Korea Utara misalnya, saat menonton salah satu program acara di Natgeo channel, akses internet di sana hanya dimiliki orang-orang tertentu. Biasanya dari kalangan pemerintahan. Saya juga pernah baca, kalau di Kongo, akses untuk kirim SMS pun  dilarang! Wadduh🙈 

Alasan  pemblokiran media sosial di tiap negara juga berbeda-beda. Bisa karena kepentingan politik maupun ekonomi. Seperti di Tiongkok, akses internet kabarnya masih bisa dijangkau di area tertentu seperti di Shanghai Zone, daerah perdagangan bebas.

Hm, kira-kira apa jadinya ya kalau kita dilarang menggunakan semua jenis jejaring sosial yang sebelumnya ada di Indonesia? Saya pikir dunia tetap akan baik-baik saja. Sebab, selain memberi dampak positif, penggunaan sosmed yang tak bijak pun banyak mudharatnya.

Contohnya saya sekarang! Udah denger azan masih sibuk nulis aja di sini! Astagfirullah!


Salam Batal Kawin eh Blokir!😆😅

Hegar, 24 April  2018

Referensi : dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik