Tike', Cemilan Enak dari Rumput

Pernah lihat rumput teki? Itu loh yang biasa tumbuh sebagai gulma di antara tanaman bunga dan sering dicabut jika sedang membersihkan halaman atau lapangan rumput. Ternyata umbi dari rumput teki ini bisa dibuat makanan ringan dengan harga jual sangat lumayan!
foto: dokpri

Mungkin terdengar norak ya sebab baru tahu kalau rumput teki bisa dijadikan snack, hehehe...Tapi
karena rasanya yang enak, tak ada salahnya mengabadikan cemilan yang saya dapat sebagai oleh-oleh khas dari Indramayu ini.

Namanya Tike. Tapi teman saya yang asli Indramayu tersebut melafalkan dengan memberi huruf K tipis di ujungnya, jadi terdengar seperti tike'. Bentuknya seperti emping tapi ada bagian hitam yang melekat pada umbinya. Rasanya ya, renyah seperti kerupuk, enak, dan ada gurih-gurihnya juga. Kabarnya harga tike' ini lumayan mahal. Bisa mencapai 100 ribu rupiah per kilogram. Wow...lebih mehong dari emping melinjo ya?

Proses pembuatannya juga mirip dengan emping pada umumnya. Umbi tike disangrai, lalu digepengkan, diberi rasa, keringkan dengan sinar matahari kemudian bisa langsung digoreng. Mungkin harganya yang mahal itu ya, yang membuat tike ini spesial dan susah dilupa! ^_^

Tapi, dari sini kita bisa belajar bahwa sesuatu yang dianggap tak berguna, macam rumput teki ini, jika diolah ternyata bisa menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. 

Jadi kalau melewati daerah Indramayu, ada baiknya Anda singgah sebentar untuk mencicipi cemilan tak biasa ini!

Hegas, 24 Feb 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik