Memori Gerhana Matahari

Bulan Maret 2016, bertepatan dengan hari Rabu tanggal 9 besok, rakyat Indonesia akan berkesempatan menyaksikan fenomena alam langka yakni gerhana matahari total. Sayang, hanya wilayah tertentu saja yang beruntung bisa menikmati kejadian bersejarah ini. 
foto: detikcom

Ternyata tak semua orang pernah mengalami yang namanya gerhana matahari total. Bahkan suami
saya sendiri belum tahu gimana rasanya dunia saat dilanda gerhana. Berdasarkan garis edarnya, gerhana matahari total besok hanya dinikmati oleh sebagian kecil dari masing-masing Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Saya masih ingat, gerhana matahari yang terjadi tahun 1988. Saya masih tinggal Di Kalimantan Barat waktu itu. Lupa kejadian persisnya pukul berapa, yang jelas itu terjadi di pagi hari. Ibu sudah mewanti-wanti untuk tak melihat berlangsungnya gerhana dengan mata telanjang tanpa kacamata hitam. Katanya nanti bisa buta. Akan lebih baik jika menyaksikan proses gerhana lewat bak yang diisi air dan memantulkan bayangan matahari di permukaannya.

Tapi, karena masih kecil dan kurang mengerti saya tak terlalu antusias. Yang saya sadari hanyalah tiba-tiba pekarangan yang sedianya terang benderang perlahan mulai redup dan akhirnya gelap seperti waktu subuh.

Untungnya itu hanya berlangsung sekejap. Tak terbayang jika terjadi berjam-jam, seram juga suasananya! Hingga setua ini, saya belum pernah lagi menyaksikan dan merasakan langsung gerhana matahari total yang tak setiap tahun terjadi.

Kabarnya pemprov daerah-daerah setempat telah menyiapkan acara besar-besaran untuk menyambut peristiwa bersejarah ini. Bahkan diperkirakan akan terjadi lonjakan turis domestik dan mancanegara
ke daerah ybs.

Jadi buat kalian yang sedang berada di daerah-daerah beruntung seperti yang terlihat di gambar, jangan lewatkan kesempatan menikmati fenomena alam yang super langka ini ya? ^_^

Hegas, 29 Feb 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik