Belajar Opening dari HTR

Sebelumnya sudah saya sebutkan di sini bahwa opening yang keren itu adalah yang membuat pembaca penasaran dan ingin tenggelam lebih dalam saat membaca tulisan kita.

Saya ingin berbagi bagaimana contoh opening yang membuat penasaran itu. Penasaran yang berbuah berbagai pertanyaan. Sehingga membuat pembaca memutuskan lanjut ke paragraf-paragraf
selanjutnya untuk mencari jawaban.

Di sini saya kutip bagian opening cerpen-cerpen karya Bunda Helvy Tiana Rosa yang terkumpul dalam buku Ketika Mas Gagah Pergi sebagai pembelajaran, opening yang bagus itu seperti apa. Cekidot!

1. Opening 'Ketika Mas Gagah Pergi'

"Mas Gagah berubah! Ya, sudah beberapa bulan belakangan ini, Mas sekaligus saudara kandungku satu-satunya itu benar-benar berubah."

Siapa itu Mas Gagah? Kenapa ia berubah? Apa yang menyebabkan ia benar-benar berubah?


2. Opening 'Pattimura'

"Pattimura. Di manakah dia kini? Apakah dia masih hidup? Atau sudah tiada? Tanpa sadar kugigit bibirku. Asin. Bau darah. Ah, aku menyesal telah begitu membencinya, Pattimura. Tetapi apakah sesal yang berjejalan di dadaku dapat mengembalikanmu kemari?"

Siapa Pattimura? Di mana dia? Apa hubungannya dengan si Aku? Kenapa Si Aku begitu membencinya? Lalu apa yang terjadi sehingga Si Aku sekarang menyesal?


3. Opening 'Lelaki Berhati Cahaya'

"Satu persatu anak-anak usia SMP di hadapanku beringsut, bangkit dan berlalu tanpa pamit. Aku terus berbicara perihal hidup Rasulullah Muhammad Saw. Kutahan sedikit deburan di hatiku."

Kenapa anak-anak itu beringsut? Lalu bangkit berlalu tanpa pamit dengan Si Aku? Siapa Si Aku ini? Ada apa dengannya? Kenapa ia harus menahan hati yang berdebur saat diperlakukan seperti itu?

4. Opening Titian Pelangi

"Apa?" Aku seolah tak percaya pada pendengaranku.

"Innalillahi...," desisku sesaat. Sementara suara sendu Ita di telepon terdengar cukup tenang, hatiku terguncang."

Apa yang terjadi? Siapa yang meninggal? Siapa pula Ita? Apa hubungannya dengan Si Aku?

Itu sedikit contoh opening yang mengundang ingin tahu. Anda bisa mencari contoh lain dari penulis buku best seller lainnya.

Jika penasaran dengan lanjutan ceritanya, harap beli buku tersebut di tokbuk terdekat ya?


Hegas, 18 Maret 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik