Penulis Bingung

"Bingung mulainya dari mana!"

"Tar kalo tulisannya jelek, kan malu-maluin?"

"Kalau salah-salah gimana, Mbak?"

"Pengen nulis, tapi apa yang mau ditulis?"


Itu hanya sederet kegundahan mereka yang baru saja bergabung di dunia kepenulisan. Hellow, did you know? I did either, guys! Used to!

Bingung mulainya dari mana? Saran saya tulis saja apa kalimat yang sedang bermain di kepala Anda. Biar kata orang tulisan kita jelek, gak mutu, aneh, gak keren bla..bla..bla, yang penting kita punya usaha untuk jadi penulis yaitu mulai menulis.

Jika belum apa-apa sudah memikirkan hasilnya, kita tak akan mampu action. Namanya juga belajar, tentu saja hasilnya jelek dulu. Seiring waktu, kemampuan menulis akan terasah jika kita banyak membaca dan mengais ilmu menulis baik lewat teman sesama penulis maupun via buku-buku.

Takut salah? Hm, wajar dong, namanya juga manusia. Justru dengan berbuat kesalahan-kesalahan, kita bisa belajar dan punya kesempatan memperbaikinya.

Apa yang mau ditulis? Jawabannya mulai menulis hal sederhana yang kita kuasai. Suka masak? Kenapa tak mencoba nulis resep sambil bercerita pengalaman mempraktekkannya. Suka olahraga? Ulas saja olahraga favorit anda atau review pertandingan olahraga yang baru saja ditonton. Suka baca? Tinggal bikin resensi bukunya. Suka ngobrol? Sharing aja tema obrolan Anda dalam bentuk tulisan. Gampang kan?

Jadi, masih bingung dan belum menulis juga?

Hegas, 20 Maret 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik