Inspirasi Sebuah Lagu

Hampir sebagian besar cerpen yang saya tulis terinspirasi dari lagu yang saya dengar. Entah itu lagu Indonesia maupun mancanegara.

Saat mendengar sebuah lagu mengalun, saya sering membayangkan seperti apa adegan video klipnya. Itulah sebabnya kadang saya menemukan lagu dan adegan visual yang dirasa gak nyambung menurut
saya. Daripada ilfil, mending dengar lagunya saja, meresapi lirik dibanding menikmati alur visualnya di layar kaca.

Saya merasa lebih mengalir saat menulis dengan ditemani lagu yang menjadi inspirasi cerita tersebut. Entahlah saya tak tahu apa sebabnya. Hanya saja lagu yang mengudara seperti kekuatan kasat mata yang menggerakkkan jari-jari ini. 

Meski tak jarang juga ketikan terhenti gegara saya terlalu jauh membayangkan adegan demi adegan yang kecepatannya tak sebanding dengan lincahnya jari tangan. Membuat saya stag, hanya mampu bengong menyaksikan pindaian adegan di kepala tanpa satu pun terekam dalam bentuk aksara dan pilihan kata! Bagus!!!

Barangkali ini sebabnya novel saya tak kunjung selesai. Sebab lagu-lagu tersebut malah membuat saya terlalu banyak mengkhayal. Khayalan yang akhirnya hanya mampu berbuah cerpen. Again and again. Haddeuhhh...

Tapi, berita baiknya, meski novel tak kunjung selesai, belasan cerpen sudah saya tulis dengan hanya mendengarkan lagu. It's OK. Mungkin saya memang ditakdirkan latihan menulis fiksi yang baik lewat cerpen dulu. Selebihnya, biar mengalir saja seiring waktu. Toh, ngotot bikin novel sementara nulis cerita pendek saja masih berantakan, rasanya nggak bagus juga!

Masih tak punya ide buat cerpenmu? Mari buka imajinasi ceritamu lewat lagu!

CikPus, 03 Des 2014

#Foto: google image



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik