Apa Rasanya Menjadi Drupadi?

Sebenarnya saya bukanlah pecinta serial Mahabharata. Hanya tahu tentang perang saudara yang diambil dari kitab berbahasa sansekerta ini terjadi antara pihak yang benar dan salah, Pandawa versus Kurawa. Itu pun sisa-sisa kenangan menonton serial ini saat SD dulu. Tak terlalu detail ceritanya.


Tapi berhubung teman-teman di grup sering menceritakannya, saya jadi penasaran. Apalagi ketika
mereka menyebut-nyebut tentang Drupadi. Sosok spesial dalam cerita Mahabharata.

Kisah Drupadi ini juga ternyata jika ditelisik lebih jauh, hadir dalam berbagai versi. Versi asli sesuai kitab Mahabharata, Drupadi adalah istri dari Pandawa lima, yaitu Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula dan Sadewa.

Tapi di Indonesia, saat kerajaan Hindu runtuh, dan Kerajaan Demak berkuasa saat itu, maka dalam pewayangan Jawa kisah Drupadi ini mengalami penyesuaian dengan ajaran Islam. Drupadi disebut sebagai istri dari Yudistira. Karena Dalam Islam adalah hal terlarang jika wanita punya lebih dari satu suami.

Meski Drupadi merupakan tokoh rekaan mitologi Hindu, bagi saya kehidupannya tetap menarik untuk disimak. Bagaimana rasanya ya jika jadi Drupadi yang menikahi lima lelaki yang bersaudara?
Wah, saya tidak ingin membayangkan 'asyiknya' bersuami lima, hehehe...Hanya sekedar membayangkan repotnya saja.

Untuk mengurus satu suami saja sudah lumayan melelahkan. Memasak makanan yang sesuai seleranya, mencuci dan menyeterika pakaiannya, memastikan nyenyak tidurnya, mengurus anak dan merapikan rumahnya. Belum lagi urusan yang lain. Sowan ke mertua, silaturahmi ke saudara atau kunjungan ke teman-temannya.

Bagaimana dengan Drupadi yang bersuami lima? Tak terbayangkan! Yang paling aneh adalah ia bisa menetapkan anak yang lahir dari lima suaminya.

Meski di dunia nyata ada saja wanita yang mengikuti jejak Drupadi; ingin memiliki lebih dari satu suami. Bahkan di India sana memang benar ada wanita yang mempersuami (janggal banget bunyinya, ya?) beberapa lelaki yang merupakan saudara kandung!

Maha Suci Allah yang telah mengatur hukum Islam yang melarang wanita bersuami lebih dari satu. Agar nasab manusia menjadi jelas adanya. Juga menjunjung harkat dan martabat wanita.

Hm, masih tertarik jadi Drupadi?

CikPus, Januari 17, 2015



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik