Laddu dari India

Pertama kali saya mendengar jenis makanan ini adalah saat menemani Nayla nonton kartun impor tentang anak sakti dan jago yang berjudul Chotta Bhem alias Bima Sakti putra Pandu. Di sana sering disebut-sebut tentang Bima yang gemar sekali memakan laddu agar menjadi kuat. Hingga membuatnya sering mencuri laddu buatan ibu temannya.

Nah, kemarin ada dua tetangga saya yang baru pulang dari India karena urusan pekerjaan. Meski sering mondar-mandir ke negerinya Shaheer Sheikh ini, oleh-oleh yang dibawa biasa hanya berupa
biskuit atau permen yang diproduksi di sana alias buatan pabrik. Nah, setelah sekian lama kali ini oleh-olehnya terasa istimewa. Tetangga saya yang baik hati ini memberi oleh-oleh sepiring Laddoo atau laddu.

Laddu adalah makanan khas India  yang bercitarasa manis dengan bentuk bola-bola. Kemarin saya mencicipi dua jenis laddu. Ada yang agak coklat dan ada yang kuning. Jika laddu coklat teksturnya halus, kering dan sangat manis serta ada unsur kacangnya. Sedang Laddu kuning tekstrurnya kasar, lembek dan  manis tentu saja. Saya lebih suka laddu kedua.

Hm, makanan manis begitu, pantas saja orang India manis-manis ya? Kayak Shaheer Sheikh hehehe...

CikPus, 20 November 14

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik