Perahu Motor, Transportasi Menyenangkan Di Kalimantan

Saya sudah tak terlalu ingat kapan pertama kali naik perahu motor dengan jarak jauh menyusuri sungai-sungai di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Tapi yang pasti itu terjadi sudah bertahun-tahun lalu, saat masih duduk di bangku SD.
Sebelum naik perahu motor, selfie berjamaah dulu!

Nah, lebaran kemarin saat mudik ke Sambas, saya kembali mengulang memori dengan menaiki
perahu motor menyusuri sungai-sungai menuju kediaman famili yang tinggal di daerah Jambu, Dusun Beringin, Kecamatan Sajat, Kabupaten Sambas.

Wow, senangnya tak kalah dengan saat pertama kali menaikinya saat kecil dulu. Apalagi bagi anak dan suami, ini pengalaman pertama mereka naik perahu motor dengan jarak yang lumayan panjang, sekitar dua jam.

Agenda kami selain berlebaran dengan sanak famili, juga memetik rambutan langsung dari kebunnya. Meski jelas-jelas itu kebun rambutan orang, tapi entah kenapa kami dengan pede berniat memanen hasilnya. Hehehe... 

Sepanjang perjalanan tak henti-hentinya kami memotret pemandangan sekitar. Dan tentu saja setelah puas memotret diri sendiri. Selfie mode always ON pemirtssahh! Rasanya dua jam bukan waktu yang singkat untuk dihabiskan dengan melamun, termangu atau pekerjaan lain yang membosankan. Sedapat mungkin kami harus mengabadikan keberadaan kami saat ini, menyusuri sungai-sungai di Kabupaten Sambas yang tak setiap tahun bisa kami lakoni.


Yang paling mendebarkan adalah setiap kali berpapasan dengan speed boat berkecepatan tinggi. Perahu yang kami naiki menjadi terombang-ambing membuat kami histeris, cemas akan nasib kami. Rasanya sangat tidak elegan sekali, sudah dandan rapi jali harus nyebur ke sungai gegara perahu motornya karam dihantam ombak yang tinggi, hehehe...

~bersambung

Sambas, 30 Agustus 2014


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik