Pengemis dengan Apartemen 35 M



Kalau di Indonesia, namanya pengemis itu didentik dengan kumuh, dekil, kumal, tak terawat, hidup terlunta-lunta, makan dari sisa-sisa, tinggal biasanya di jalanan, baik di pinggir jalan, dalam gerobak-gerobak atau di bawah kolong jembatan.
Meski belakangan kita dibuat tercengang dengan kasus pengemis yang menyimpan uang hasil 'kerja'nya hingga mencapai puluhan juta, tetap saja sosok 'pengemis kaya' itu ya, layaknya gambaran
peminta-minta pada umumnya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Beda sekali dengan seorang Irwin Corey. Meski tampilan pengemisnya kurang lebih sama dengan di Indonesia, Corey mengklaim bahwa ia memiliki apartemen seharga 35 milyar rupiah. Wow? Hasil mengemis bisa membeli apartemen semahal itu?

Tentu tidak pemirtsyaaah...! Irwin Corey yang merayakan ulang tahun ke-100 29 Juli lalu, merupakan aktor film, aktor pantomim, aktivis dan komedian Amerika terkenal yang menjadikan profesi mengemis sebagai hobinya. 

Ia tidak miskin. Hanya saja jika sedang tidak ada jadwal tampil live di panggung, klub komedi ataupun acara TV, ia mengemis di sepanjang jalan  East 35th Street, Manhattan. Menadahkan tangan pada sopir yang sedang bermacet ria, sambil mendorong tongkat dorong berkaki dua yang berisi tumpukan koran untuk dibagikan kepada mereka yang berkenan memberinya uang. 

Jika dilihat sekilas penampilannya memang tak beda dengan pengemis kebanyakan, tak terurus, tua dan awut-awutan. Jadi wajar jika banyak orang tak menyadari bahwa ia adalah Irwin Corey, komedian yang terkenal dengan julukan "The World's Foremost Authority".


Untuk apa ia melakukan itu? Ternyata, Corey yang merupakan aktivis politik sayap kiri itu mengumpulkan uang hasil mengemis untuk disumbangkan pada yayasan amal yang membiayai pasokan obat-obatan  bagi anak-anak Kuba. 

Selain itu, mengemis juga disebut sebagai hiburan bagi Corey yang telah ditinggal mati istrinya tahun 2011 lalu. Tak jelas apakah betul uang yang ia dapatkan selama ini benar-benar disumbangkan. Bagi Corey, meski ia tak memberitahu orang-orang yang ia 'todong' ke mana uang mereka akan disimpan, tapi ia yakin mereka tak akan peduli akan hal itu.

Aneh dan lucu! Mengemis untuk beramal. Terus, hasil kerjamu selama ini untuk apa Corey? Habis untuk membuat apartemen senilai 35 miyar?

Milanur Almair, 02 Oktober 2014 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik