Kacang Hijau Fussili



Aneh! Itu jenis bubur yang aneh! Begitu komentar mereka yang bertanya komposisi makanan ini. Bagi orang di sekitar tempat tinggal saya sekarang, bubur kacang hijau fussili ini memang tidak biasa. Masak kacang hijau digabung dengan pasta? Nggak salah?
Sebenarnya makanan ini hanya modifikasi dari bubur kacang hijau buatan ibu saya saat kecil dulu. Kalau ibu menggunakan jenis pasta makaroni sebagai campurannya, sedang saya menggantinya
dengan jenis pasta lain yang memiliki bentuk spiral, yaitu fussili.
Jujur, meski rasanya sama saja--sama-sama pasta--makaroni membuat saya agak geli memakannya. Bentuknya yang putih, bulat panjang agak bengkok dan bolong, mirip sekali dengan cacing gelang besar yang dipotong-potong. 

Apalagi jika sudah terlalu lama 'menyelam' dalam kuah bubur sehingga teksturnya terlalu mengembang. Makin membuat penampakan potongan cacing terasa nyata. Itulah sebabnya saya memilih bahan alternatif lainnya. Kebetulan di tukang sayur sering bergelantungan fussili mentah. Membuat saya penasaran untuk mencampurnya dengan olahan kacang hijau.
Untuk kacang hijau fussili ini cara membuatnya sama saja dengan bubur kacang hijau biasa. Kacang hijau direndam semalaman agar empuk. Lalu direbus bersama gula merah dan santan. Beri parutan jahe, daun pandan dan sedikit vanili biar wangi. Jangan lupa sedikit garam agar terasa gurih.
Nah, beberapa saat sebelum diangkat, masukkan fussili yang sudah direndam dan dicuci sebelumnya. Bubur kacang hijau fussili a la saya siap disantap!
Lumayan mengenyangkan dibanding bubur kacang hijau biasa. Selamat mencoba!

Cikarang Pusat, 07 Oktober 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik