Cantik Menggoda di Atas Meja

Ketika saya memajang gambar di atas sebagai DP (Display Picture) BBM, banyak teman kontak yang berasal dari Pulau Jawa, heran dan bertanya. Gerangan  apakah yang tampilannya begitu cantik menggoda di atas meja?

Saat saya katakan itu manisan pepaya muda, mereka tak lantas percaya. Bagaimana pepaya bisa disulap secantik itu? Ada bunga, daun, ketupat, kepang, kipas dan lain sebagainya. Kalau di sini (Cikarang), pepaya muda biasanya cuma dijadikan sayur pelengkap sayur asem. Nilai ekonominya jauh lebih kecil dibandingkan jika diolah sebagai manisan.

Di Kota Sambas, Kalimantan Barat, manisan ini merupakan hidangan yang biasa ada saat lebaran. Meski kini masyarakat sudah tak seantusias dulu menyajikannya. Tapi biar begitu, tetap saja panganan ini tak kehilangan pesonanya. Selalu indah dan pantas bersanding dengan kue lebaran lain di meja.

Dan mengenai rasa, tentu saja semanis tampilannya. Jadi, jika suatu saat anda berkunjung ke Sambas terutama saat lebaran, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa manisan pepaya ini sebagai oleh-oleh, ya?

Milanur, 21 Agustus 2014



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik