Jin Pengganggu Tidur

Pertama kali saya merasakan gangguannya mungkin saat masih SMU. Biasanya muncul jika tidur dalam keadaan takut atau memikirkan sesuatu yang seram. Gejalanya seperti ada seseorang yang meniup-niup bagian tengkuk. Disusul dengan nafas yang sedikit sesak dan tak bisa berteriak. Kadang disertai mimpi buruk tentang hantu dan sebagainya. Juga sering disertai halusinasi dengan pemandangan yang ada di sekeliling. Mukena atau baju putih yang menggantung di kapstok seketika berubah jadi kuntilanak menyeramkan pada saat itu.
foto: tylpblog.blogspot.com

Dulu saat ia menyerang, semua bacaan doa-doa saya lantunkan tanpa henti, meski hanya bisa dalam hati. Tapi tetap saja tak mempan. Membuat saya harus berusaha sekuat tenaga melepaskan 'kelumpuhan' dengan menguatkan tekad untuk menggerakkan tubuh, entah tangan atau kaki. Dan jika berhasil bebas dari kelumpuhan tadi, tubuh berkeringat dan napas ngos-ngosan seperti habis lari marathon.
Saat membaca buku 'Dialog dengan Jin Muslim' yang merupakan pengalaman spiritual dari penulisnya, M. Isa Dawud, saya pikir ini kerjaan jin atau setan pengganggu akibat tak baca doa saat hendak tidur. Namun dugaan saya terpatahkan, karena ketika gejala ini terjadi, biasanya saya dalam keadaan sadar. Mata bisa melihat sekeliling, hanya tubuh dan mulut yang kehilangan koordinasi, tak mampu digerakkan bagai orang lumpuh. Mungkin inilah sebabnya gejala ini disebut Sleep Paralysis.

Hal ini sempat membuat saya agak takut tidur dalam kegelapan atau tidur sendirian. Karena suasana gelap paling mudah memicu munculnya halusinasi seram tadi. Setelah menikah dan tahu bahwa itu bukanlah ulah jin dan teman-temannya, perlahan saya mencoba mengatasi rasa takut akibat penyakit ini. Beberapa orang malah merekomendasikan untuk 'menikmati' penyakit ini.

Menikmati? Entahlah! Saya belum bisa menemukan kenikmatan penyakit ini jika halusinasi yang muncul adalah segala macam bentuk dan penampakan aneh dan seram, terutama pemunculan Mbak Kunti, Mas Tuyul, Om Drakula dkk. Tapi kalau Mr. Dracula-nya Edward Cullen boleh juga kali ya? :D :D :D

Milanur 7/6/2014


  





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik