Ide Macet? Silakan ke Toilet!


Apa sumber inspirasi atau sumber ide terbesar anda saat menulis? Bagi saya yang hanya seorang ibu rumah tangga yang bekerja di rumah, mungkin bisa dikatakan sumber inspirasi terbesar saya adalah keluarga. Ya, keluarga, yaitu suami dan anak. Jika sudah menulis tentang mereka, sepertinya saya tak pernah kehabisan bahan tulisan. 

Inspirasi lain datang dari kejadian sehari-hari yang saya alami. Lewat pengemis yang datang hanya menginginkan beras bukan uang, tukang jual sayur yang sering datang kesiangan, atau bisa juga
balita anak tetangga yang sering sekali main ke rumah hanya untuk mengencingi karpet yang baru diambil dari laundry! Haddeuh...:(

Beberapa penulis lain mengatakan mereka harus keluar dari ‘sarang’ untuk melihat-lihat sekitar, baru menemukan ide. Bahkan buat penulis berkantong tebal, biasanya mereka memilih travelling ke luar kota, bahkan ke luar negeri untuk sekedar mencari inspirasi. Lalu pulang dengan oleh-oleh satu atau beberapa draft tulisan di tangan. Tentunya dengan setting yang diambil dari tempat yang mereka datangi. Hm, mereka pastilah penulis berkelas dengan karya berkelas pula.

Well, menurut saya pribadi ide itu sebenarnya ada di mana saja. Bahkan tak perlu jauh-jauh. Cukup di ruangan sempit seperti kamar mandi. Ya, kamar mandi. Banyak ‘harta karun’ yang tersimpan di sana yang bisa digali sebagai bahan tulisan. Tergantung seberapa kreatif anda mengolahnya.

Saya contohkan dari kamar mandi saya sendiri. Saya bisa dapat banyak ide tulisan misalnya kamar mandi idaman, hal yang paling dibenci/disukai saat di kamar mandi, adab saat di kamar mandi, kamar mandi termahal di dunia, error saat di kamar mandi dll. Banyak bukan? Sisanya silahkan dicari sendiri!

Mulai sekarang, jika anda kehabisan ide, cukup merenung di kamar mandi atau toilet. Konon, ketika sedang berada di toilet, justru otak manusia malah lebih kreatif dan penuh dengan ide. Karena saat itu frekuensi otak sedang berada di gelombang tetha, di mana pada titik itu inspirasi sering bermunculan dan daya imajinasi berada di level tertinggi.

Jadi kalau ide anda macet, silakan ke toilet!

Cikarang Pusat, 17 Mei 2014











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik