Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2014

Broadcast Menyebalkan

Gambar
Entah bagaimana cara mereka mendapatkan pin Blackberry saya, tiba-tiba beberapa orang tak dikenal meng-invite sebagai kontak. Mengingat masih berasal dari daerah yang sama--dilihat dari kode area HP atau nama di profil--permintaan mereka saya accept.

Tapi yang terjadi selanjutnya benar-benar menyebalkan! Tanpa basa-basi or say hello mereka  gencar

Kenapa Dikit-dikit Caesar Sih?

Gambar
Membahas tema ini memaksa saya mengingat kejadian beberapa tahun lalu. Waktu itu saya menjenguk teman lama--sebut saja Dewi--yang baru saja melahirkan anak pertamanya setelah bertahun-tahun menanti buah hati. Bayi laki-laki yang sehat dan montok itu memang benar-benar istimewa terlepas dari kehadirannya yang sangat ditunggu. Selain tampan, berat badannya saat dilahirkan juga termasuk tak biasa yaitu 4,1 kg. Yang paling mengesankan teman saya itu melahirkan dengan cara normal. Sambil mengucap syukur Dewi pun mengurai cerita. Bagaimana perjuangannya

Sales oh Sales

Gambar
Saat hendak mandi sore tadi, tiba-tiba terdengar salam dari luar pagar. Bergegas saya membuka pintu. Kebetulan pagar tak terkunci, si pemberi salam langsung ambil posisi berdiri dekat rak sepatu. Sementara saya menjawab salamnya dengan tetap berada di mulut pintu. Hm, laki-laki muda, kurus dan hitam. Manis? Dikit!

"Permisi Mbak, bisa nanya-nanya sebentar gak?" Duh, nanya kok ke saya? Kenapa gak ke

Error Kamar Mandi

Gambar
·Cerita Nayla kecil, mungkin sekitar 3-4 tahun yang lalu...
"Bunda, Nayla boleh mandi sendiri gak? Kata Bunda udah gede gak boleh dimandiin lagi?"
"Boleh dong, Sayang! Tapi mandinya yang bersih ya?"
"Ya! Kamar mandinya ditutup ya, Bunda? Kan udah gede, gak boleh ada yang liat!"
"Mm, tapi jangan dikunci ya? Takut Nay gak bisa buka nanti!" Lima menit kemudian..

A Day Without Angry, Can We?

Gambar
Minggu siang nan panas di angkot yang ngetem dari pintu keluar Tol Cikarang Barat. Saat sedang asyik mengetik SMS agar suami menjemput di titik yang telah saya tentukan, seorang gadis tak sengaja menyenggol tangan saya yang sedang menggenggam HP saat masuk dengan barang belanjaan bejibun. Pyarrr...! Smartphone kesayangan saya pun sukses termutilasi di lantai angkot.

ABOUT ME

Gambar
Hanya ingin berbagi apa saja yang kiranya pantas untuk dibagi pada pembaca. Sharing tentang kejadian harian, pengalaman, opini, kuliner, ide, kenangan dan sebagainya.

Lahir dan besar di salah satu kota kabupaten di utara Kal-Bar. Sejak kecil hobi baca dan kenyang menyantap majalah jadul mulai dari Sarinah, Femina, Kartini, Intisari, Majalah Film, Bobo, Aneka, Gadis,  sampai Ummi, Annida, Sabili, dll.
Anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Bekasi angkatan XI. Aktif mengais dan berbagi ilmu di Komunitas Bisa Menulis (KBM), grup FB yang diasuh dan didirikan Isa Alamsyah dan Asma Nadia.
Kini menetap di Bekasi, Jawa Barat, menikah dengan satu anak, tak kapok menulis cerpen dan puisi meski jarang nongol di media literasi, mencintai kopi namun tak bisa menikmatinya gegara asam lambung tinggi. Sebagian besar ide menulis didapat ketika insomnia maupun saat merenung di kamar mandi.
Jadi tunggu apalagi? Lets start to share with the world by words!

FB: Mila Firdaus Yusuf Twitter : @milafirda…

Ciri-ciri Suami Sayang Istri #2

Gambar
Banyak yang heran dan bertanya, bagaimana saya bisa melenggang terus ke Jakarta Design Center untuk mengikuti workshop kepenulisan yang diadakan Mbak Asma Nadia dan Pak Isa Alamsyah. Dari segi biaya, menurut sebagian orang, apalagi untuk kalangan ibu rumah tangga seperti saya, itu harga yang cukup mahal. Meski setelah mengikutinya, kata 'mahal' itu langsung lenyap tanpa sisa dari kepala, mengingat betapa banyaknya ilmu yang didapat di sana. Entahlah! Saya tak tahu jawaban pastinya. Saya cuma bisa mengatakan itu berkah dari Allah. Berkah

Suami Selingkuh vs Suami Gentle

Gambar
Sekitar pertengahan Maret lalu, saya mengalami hari-hari yang buruk. Bayangkan, dalam satu minggu harus menerima tiga kabar perselingkuhan dari orang-orang di sekitar saya. Dan yang menjadi korban adalah sang istri. Salah satunya bahkan sedang hamil tua, mengandung anak ketiga. Ini membuat saya bertanya-tanya sendiri, ada apa sih dengan para suami? Mengapa selingkuh mudah sekali dijadikan pilihan?
“Kamu gimana sih jadi istri, kok suaminya bisa sampai selingkuh?”

Bertemu Penulis Legendaris

Gambar
Anda pasti tahu serial Lupus, bukan? Jika tak tahu dan anda lahir di bawah era 2000-an, sungguh sangat keterlaluan! Sama keterlaluannya seperti saya yang tidak tahu wajah Hilman Hariwijaya karena belum pernah bertatap muka! Haddeuh!
Siapa yang tak kenal Lupus, cowok fiktif yang ngetop di era 80-an dengan jambul dan permen karet, tokoh sentral dalam novel besutan penulis legendaris Bang Hilman, begitu sapaan akrabnya. Kenapa saya sebut begitu, karena karyanya yang satu ini begitu fenomenal. Baik dari

Orderan Janda Kembang

Gambar
"Saya mau pesan barang yang ada di katalog ini ya, Bu!"
"Oh, mau pesan yang mana, Bu?" 
"Itu yang di halaman 32. Kira-kira kapan adanya ya, Bu?"
"Tergantung persediaan di distributor, Bu! Kalau banyak, Insya Allah cepat dapatnya."
"Kalau bisa cepat dipesenin, Bu! Saya gak mau sampai kehabisan!" "Kalau habis kan bisa pesan yang lain, Bu! Tenang aja, tiap bulan kan katalog promonya keluar." 

Akibat Mesum Sembarangan

Darahku mendidih! Berani sekali mereka mengulang adegan itu. Setelah apa yang keduanya lakukan semalam. Di sini, kamar pribadi kami, di depan batang hidungku!
Benar-benar pasangan tak tahu diri! Harusnya mereka sadar cuma berstatus menumpang di sini. Sama sekali tak menghormatiku sebagai pemilik rumah. Tak bersikap sebagaimana layaknya tamu. Huh!

Pengemis yang Membuatku Menangis

Gambar
Kakek itu terkesiap. Matanya berbinar menyaksikan pemandangan langka di depannya. Tangan keriputnya bergetar tak percaya. Kaleng bekas susu berisi recehan koin dan ribuan, tiba-tiba bersanding manis dengan lembaran kehijauan. Lalu ia menatapku. Lama. Membuatku malu. Salah tingkah! "Maaf Kek, cuma ada segitu!" Ucapku menekan rasa tak enak dipandangi seperti itu. Berharap dia

Are You Deadliner Person?

Gambar

True Story about Poligami?

Gambar
Menulis kisah sejati tentang poligami! Hm, itu salah satu PR yang diberikan oleh Mbak Asma Nadia kepada alumni workshop fiksi di Jakarta Design center, bulan Maret kemarin. Berat! Ya, berat karena saya atau keluarga terdekat tak punya riwayat dipoligami. Adopsi cerita teman atau tetangga? Ini masalahnya! Saya termasuk tetangga yang tak mau tahu urusan 'dalam negeri ' orang lain!
Ternyata ada ruginya juga ya menutup mata tentang masalah orang begini. Saya jadi kurang peka,

Korban Sosmed

Gambar
"Masak gak ada lagi model yang lain sih, Pak?" Terdengar nada kecewa. Suara gadis muda nampaknya. Setelah sekian hari tanpa pembeli, akhirnya ada juga yang nyasar di toko yang terletak persis di pinggir kiri jalan raya Kalimalang, bersisian dengan jalur Tol Jakarta Cikampek. 
"Gak ada, Neng! Adanya ya gini-gini doang," jawab penjaga toko sambil garuk-garuk kepala. Pasrah!
"Ini modelnya biasa banget, Pak! Warnanya juga norak-norak. Saya pengen model yang up to date, yang minimalis kek atau yang futuristik gitu." Kata-kata pemilik tubuh montok itu meluncur

Penyakit Aneh dan Langka di Tubuh Saya

Gambar
Bagaimana perasaan anda saat mengetahui bahwa di dalam tubuh anda bersemayam penyakit yang hanya diderita oleh 4% saja dari keseluruhan populasi dunia?


Yup, saya salah satu dari 4% manusia di dunia yang menderita penyakit langka skin writing atau

Anak Bertanya, Ibu Gelagapan

Gambar
#1

"Bunda, Allah itu di mana?"

"Di atas Arsy'!" Kujawab acuh sambil asyik menulis dan menghitung daftar pengeluaran.

"Arsy itu di mana?"

"Mungkin di langit," asal jawab karena merasa terganggu.

"Ngapain Allah di langit, Bunda? Mau ketemu Superman?"

"??????" Nyengir! 'Makanya jangan asal jawab Buk!'. Begitu nasehat seorang teman saat

Ide Macet? Silakan ke Toilet!

Apa sumber inspirasi atau sumber ide terbesar anda saat menulis? Bagi saya yang hanya seorang ibu rumah tangga yang bekerja di rumah, mungkin bisa dikatakan sumber inspirasi terbesar saya adalah keluarga. Ya, keluarga, yaitu suami dan anak. Jika sudah menulis tentang mereka, sepertinya saya tak pernah kehabisan bahan tulisan. 
Inspirasi lain datang dari kejadian sehari-hari yang saya alami. Lewat pengemis yang datang hanya menginginkan beras bukan uang, tukang jual sayur yang sering datang kesiangan, atau bisa juga

Makhluk Lain di Ranjangku

Kaget bukan kepalang! Sesosok tubuh melintang nyaman di ranjang. Badan bagusnya tergolek tanpa busana. Mata terpejam menikmati sejuknya udara dari pendingin ruangan yang berada di angka 22.

Ups, apa yang harus kulakukan sekarang? Suami tak ada di rumah. Bagaimana ia bisa seenaknya masuk ke kamar tidur kami? Dan sekarang asyik berleha-leha di atas seprai yang semalam baru kuganti?

Seperti Apa Suami Idaman Anda?

Gambar
Dulu saat masih remaja, saya punya kriteria tersendiri mengenai calon suami idaman. Yang putih, ganteng, tinggi orangnya ataupun pendidikannya, pekerjaan ok, punya tempat tinggal dan kendaraan sendiri. Wow, entah berada di sisi dunia sebelah mana saya saat itu. Mungkin di negeri dongeng. Bisa juga di kerajaan awang-awang akibat kebanyakan nonton film

PLN...What Happen?

Gambar
Sudah dua bulan tagihan listrik saya tidak seperti biasanya. Bulan kemarin hanya bayar abodemen saja. Bulan ini besar tagihan berada di angka 70 ribu rupiah, angka tak lazim. Karena biaya yang saya keluarkan untuk tagihan listrik  berkisar di angka 130 ribuan. Kadang kurang kadang lebih.

 Saya sudah meminta penjelasan dari petugas pencatat meteran listrik. Dia hanya mengatakan bahwa mungkin data pencatatan yang ia lakukan belum masuk ke pusat. Atau bisa jadi tagihan listrik saya sebelumnya berlebih, sehingga kelebihan di-reverse ke tagihan bulan selanjutnya.

Cinta dan Setia itu Satu Paket!

Cinta dan setia itu satu paket! Cinta yang berdasar pada cinta pada-Nya, akan kokoh berdiri meski dengan kedekatan yang singkat, pasungan jarak dan ujian berat. Setidaknya hal itulah yang ingin disampaikan dalam novel romantis buah karya penulis wanita paling produktif di Indonesia, Asma Nadia. Buku yang rilis pertama kali Oktober tahun lalu ini, berkisah tentang jalinan cinta antara Dewa dan Asmara yang kandas tepat ketika pernikahan sudah di depan mata. Kisah manis lebih dari seribu hari musnah karena nafsu semalam Dewa bersama wanita lain yang sangat memujanya, Anita. Asmara yang patah hati memilih menghibur diri dengan menerima tawaran pekerjaan ke

Ciri-ciri Suami Sayang Istri

Hm, ada workshop menulis bersama Asma Nadia yang bakal diselenggarakan di Jakarta. Harus ikut nih! Tapi, setelah melihat-lihat dompet, sepertinya sudah kehabisan dana untuk itu. 400 ribu rupiah, belum ongkos buat transport, jajan dan makan di jalan. Uang sudah habis buat belanja orderan Tupperw**e. Pesanan bulan ini memang gila-gilaan.
Bagaimana ini? Kira-kira suami mengijinkan tidak ya? Kalau kemarin dua kali kopdar ia fine-fine

Anda Siap Dipoligami?

Gambar
Ada rasa khawatir kalau sudah bicara tentang tema yang satu ini. Meski saya berusaha untuk yakin bahwa suami Insya Allah tak akan melakukan praktek ini, but who know? Bukankah manusia makhluk dinamis? Berkembang dan mengalami perubahan sesuai pergeseran zaman. Persis kata Bang Iwan Fals dalam salah satu lirik lagunya,” Hanya mampu katakan aku cinta kau saat ini. Entah esok hari. Entah lusa nanti. Entah !!” Hiks, kasihan bininya Bang Iwan, dicintai sehari doang! :p
“Mungkin gak ya, Ayah nanti kawin lagi?” Saya pernah iseng membahas tema ini dengan suami. Saat

Ternyata, Begini Rasanya Bertemu Asma Nadia!

Gambar
Saya mengenal penulis wanita ini mungkin sudah belasan tahun lalu, lewat karyanya yang bertebaran di perpus mini milik kakak lelaki yang nomor lima. Dulu cuma kenal nama, tak tahu bentuk, warna apalagi rupanya( aiih, emang apaan? :p).
Cerpennya yang paling berkesan adalah tentang muda-mudi Palestina, Ayyash dan Ayesha. Saking terkesannya dengan cerita itu,