Mengupas Fakta Sejarah Indonesia yang Mencengangkan


Apa yang terpikirkan oleh anda saat menyebut Indonesia di masa kini? Negeri biang korupsi? Surga bagi para mafia hukum dan peradilan? Atau negara carut-marut dengan seribu satu persoalan yang tak kunjung terselesaikan, hingga tinggal menunggu babak baru menuju kehancuran? Atau negara yang pemerintahannya sering tak peka dengan kebutuhan pembangunan di daerah yang berada jauh dari pusat? Hm, khusus alasan terahir itu mewakili perasaan saya selama ini terhadap negeri yang katanya negeri surga ini.
Lewat buku Gara-gara Indonesia (GGI) buah karya Agung Pribadi, sejarawan muda lulusan
UI yang sejak tahun 90-an sudah aktif menulis di berbagai media ini, sedikit banyak akan mengubah pemikiran pesimis dan persepsi buruk seperti di atas. Fakta-fakta sejarah diungkap dengan bahasa yang sederhana, tak melulu dengan kata-kata yang memusingkan kepala, sehingga buku ini dapat diterima di semua kalangan pembaca baik masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, pendidik, politikus, dan terlebih lagi para pemimpin negeri yang nota bene sebagai pemegang kemudi yang menentukan arah masa depan bangsa ini.
Di dalamnya dipaparkan bagaimana Indonesia telah banyak memegang peranan penting dalam peta perubahan sejarah dunia sejak dulu kala. Baik secara langsung maupun tidak. Seperti kekalahan Napoleon menaklukkan Inggris, yang membuat karirnya tamat gara-gara Indonesia, atau kekalahan Amerika di perang Vietnam, yang salah satu penyebabnya juga gara-gara Indonesia.
Juga disebutkan beberapa tindakan paling berani yang di masa lalu hanya dilakukan oleh satu-satunya negara kepulauan terbesar di dunia, yaitu Indonesia. Cuma Indonesia yang pernah keluar dari PBB. Bahkan tak cuma itu, Indonesia juga membuat perserikatan tandingan serupa oganisasi yang bermarkas di New York tersebut.
Masih banyak lagi kilas sejarah dan fakta yang dibeberkan secara gamblang di buku ini. Tak hanya memuat sejarah tapi juga berunsur motivasi sehingga tak salah jika penulisnya disebut sebagai Historivator (History Motivator) pertama di Indonesia. Karena lewat GGI ini pembaca tak hanya kembali jatuh hati pada Nusantara tercinta, tapi juga mendongkrak rasa bangga dan cinta tanah air serta membangkitkan semangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Buku ini layaknya oase di tengah keringnya rasa kebanggaan pada negeri yang tak henti-henti digoyang isu panas seputar permasalahan yang bertahun–tahun tak kunjung terselesaikan; hukum yang timpang dan mudah dibeli, korupsi merajalela dan ketidak seriusan pemerintah memajukan kesejahteraan rakyat di segala bidang.
Yang menarik, GGI ini tak hanya mengungkap sejarah Indonesia masa lalu, tapi juga menghubungkannya dengan kondisi Indonesia saat ini. Membacanya membuat kita berani bermimpi akan munculnya Indonesia baru yang lebih baik di masa depan. Indonesia bisa berbuat dan berperan banyak di kancah dunia di masa lalu, bukan tak mungkin kembali melakukannya di masa yang akan datang. Semoga! 
 
Judul Buku :  Gara-gara Indonesia
Penulis        : Agung Pribadi
Penerbit      : Asma Nadia Publishing House
Jumlah Hal  : xiv + 210 halaman.
Harga         : Rp 42.000,-
Cetakan     : I/ Desember 2013
ISBN         : 978-602-9055-16-0






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Memblokir Teman dan Memutus Silaturahim

Bayi-bayi yang Disulap Menjadi Keripik